Minggu, 01 Februari 2009

Dalam salah satu sajak Chairil Anwar yang terkenal yaitu “Antara Karawang dan Bekasi” diekspresikan bahwa Bekasi merupakan daerah perjuangan kemerdekaan pada masa itu dan untuk mengenang itu didirikan tugu perjuangan di Kota Bekasi.

karawang2KABUPATEN KARAWANG
Jarak antara Jakarta-Kerawang yang dapat ditempuh dengan kendaraan umum atau pribadi adalah 59 km, dan dari Bandung 79 km. Kabupaten Karawang merupakan dataran rendah yang dihampari persawahan. Karena Karawang memang merupakan lumbung beras propinsi Jawa Barat. Selain persawahan di daerah ini terdapat pula perkebunan seta pertambakan udang dan bandeng. Dataran ini mempunyai suhu 30o C dengan ketinggian sekitar 50-125 meter diatas permukaan laut.
Kabupaten ini memiliki motto: Karawang Pangkal Perjuangan, sebab daerah ini pernah menjadi basis perjuangan untuk merubut kemerdekaan dari penjajah Belanda. Rengasdengklok, umpamanya merupakan tempat kebulatan tekad untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, dan peristiwa ini diabadikan dengan dibangunnya sebuah tugu di atas bekas markas PETA (Pembela Tanah Air). Disampingitu disini terletak pula sebuah rumah milik Djian Kie Siong bekas tempat tinggal sementara proklamator kemerdekaan Republik Indonesia : Soekarno-Hatta.
Oleh karena penduduk Karawang merupakan pendatang dari berbagai daerah, maka hal ini mempengaruhi berbagai ragam kesenian. Pertunjukan kesenian yang dapat ditampilkan disini amat banyak ragamnya seperti : wayang golek, topeng banjet, ketuk tilu, jaipongan, pencak silat, sintren, kliningan tanji, reog, calung, degung, ngajantuk, dan berokan. Pertunjukan kesenian-kesenian ini biasanya ditampilkan bila ada hajatan atau sehabis panen padi yang berhasil. Yang paling populer adalah kesenian banjet, yaitu semacam drama yang diseligni dengan nyanyian-nyanyian.
Ada lagi upacara tradisional yang sangat unik, yaitu upacara penikahan dimana calon pengantin diarak keliling dengan tanji. Di kabupaten ini terdapat pula daerah wisata alam yang menarik, diantaranya: Curug Santri, Curug Lalay, dan Curug Cibayat yang terletak di Kecamatan Pangkalan; Situ Kamojang di Kecamatan Cikampek dan Cekdam Kiarajaya yang terletak di Kecamatan Telukjambe. Sedangkan wisata pantai antara lain di Pantai Cemara, Pantai Sedari yang terletak di Kecamatan Pedes, Pantai Pasir Putih yang terletak di Kecamatan Cilamaya, dan wisata alam lain adalah Bendungan Walahar.


subangKABUPATEN SUBANG
Subang dapat dicapai melalui jalan darat dari Jakarta dengan jarak 150 km dari Bandung 65 km. Sarana transportasi, kantor pos dan telekomunikasi serta kelengkapan untuk kelancaran dan kebutuhan wisatawan pada umumnya baik. Jalan penghubung terdiri dari jalan negara, jalan propinsi dan jalan kabupaten yang umumnya terawat baik.
Kabupaten Subang terletak antara 0-1.500 meter di atas permukaan laut. Subang seperti banyak kabupaten di Jawa Barat, termasuk daerah yang subur, baik untuk lahan pertanian, peternakan, perkebunan maupun perikanan.

OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA


ciaterSari Ater
Terletak di Desa Ciater Kabupaten Subang 32 km dari Bandung sebelah utara atau 8 km dari Tangkuban Perahu, dapat dicapai oleh semua jenis kendaraan dalam waktu 45 menit dengan rute Bandung-Lembang-Ciater.
Ciater merupakan salah satu obyek wisata air panas yang sama halnya dengan Maribaya, mempunyai beberapa kolam air panas yang mengandung kadar yodium dan belerang, bersumber dari Kawah Gunung Tangkuban Perahu.
Fasilitas di Ciater lebih lengkap, seperti tersedianya sarana akomodasi, restaurant, lapangan tenis dan arena untuk Camping Ground yang meliputi luas keseluruhan 76 ha.


Pantai Pondok Bali
Pantai Pondok Bali terletak di sebelah uatra kota Subang merupakan keindahan pantai utara Jawa Barat. Pantai dengan ombaknya yang tenang, memungkinkan untuk atraksi pantai seperti memancing, rekreasi pantai, berlayar dan kemping.

Gotong Sisingaan
Merupakan jenis kesenian terkenal tidak saja di Indonesia akan tetapi di dunia Internasional. Kesenian Gotong Singa telah membawa nama Kota Subang menjadi terkenal. Setiap tahun di kota ini diadakan festival gotong singa.

Pantai “Candra Wulan”
Pantai Candra Wulan ini terletak 48 km dari Kabupaten Subang dengan ujung pantai muara yang mejorok ke tengah. Maka pantai Candra Wulan merupakan teluk sejauh 2 km, sedangkan dam teluk itu terdapat pulau kecil sepanjang 1 km dengan lebrnya tidak lebih dari 10-20 meter.


bekasiKABUPATEN BEKASI
Kabupaten Bekasi di batasi di Utara oleh laut Jawa, di selatan oleh Kabupaten bogor, di Timur oleh Kabupaten Karawang dan di Barat oleh DKI Jakarta.
Geografis, Kabupaten Bekasi terletak pada 106o48’79” Bujur Timur dan 6o10’-6o30’ Lintang Selatan. Jarak terjauh Utara-Selatan 46,8 km dan Barat-Timur 33,8 km. Kesenian daerah Bekasi dipengaruhi oleh kesenian-kesenian daerah Cirebon, Indramayu, Karawang dan Jakarta.

OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA

Kesenian-kesenian dari Bekasi, misalnya Tanjidor, topeng Tambun, Borongan, Lenong, Wayang Kulit Tambun, Tarling dan Genjring.

1 komentar: